Tips cara nyontek/mencontek tidak ketahuan pengawas ujian/guru yang ampuh manjur mujarab?

hai semua perkenalkan aku lena masih sekolah dan kupunya kesusahan kalau menjawab soal ujian atau ulangan pelajaran di sekolahku. tahu tidak cara nyontek yang tidak ketahuan sama siapa-siapa biar nilai aku bisa bagus semua?

selama ini aku bikin catatan kecil di kertas yang aku buka ketika lagi ulangan, kuis, ujian dan lain-lain. habis mau kerjasama nyontek sama teman susah sekali dan takut aku ketahuan sama bapak ibu guru yang jaga ujian.

bantuin dong ya temanku…

Bagaimanapun juga nyontek itu tidak jujur pada diri sendiri

Sebaiknya kita tidak membiasakan nyontek, karena dengan mencontek nilai yang kita dapat tidaklah murni dan sesuai dengan kemampuan diri kita yang sebenarnya. Jika kita sekolah atau kuliah untuk mencari ilmu sebaiknya kita tidak mencontek. Tapi apabila tujuan kita sekolah atau kuliah hanya ingin mendapat nilai tinggi saja

priends all

woi cara nyontek yang keren gini ku ajarin ko….
cara pertama: ketika guru udah selesai baca soal terus ko tusuk dia pakek piso trus pasti suasana akan ramai nah waktu tu kesempatan lo nyontek dengan sebaik- baiknya…

cara kedua : katanyong bak yah geuh…..terjemahin sendiri artinya

maka contek-mencontek bisa menjadi cara yang cukup ampuh.

Sistem pendidikan di negara kita memang terlalu mengagung-agungkan nilai. Siswa yang memiliki nilai tinggi akan sangat dihormati dan disayang oleh guru dan sekolah. Padahal orang yang pintar secara akademis belum tentu bisa sukses di dunia kerja karena banyak sekali faktor yang menentukan dalam meraih kesuksesan.

Bodoh di satu mata pelajaran pun bisa membuat seorang siswa menderita seumur hidup karena ujian nasional mengharuskan siswa menjadi orang sempurna di semua mata pelajaran yang diujikan. Peribahasa tak ada gading yang tak retak / tidak ada orang yang sempurna diabaikan. Itulah sebabnya nilai dianggap begitu penting sehingga mencontek dan manipulasi pun menjadi halal.

Menyontek itu adalah sebuah SENI…

Sejatinya segala sesuatu di dunia ini pada dasarnya bersifat netral. Ia kemudian dinilai negatif atau positif karena manusialah yang memberi arti, cap, pemaknaan serta persepsi. Sehingga segala sesuatu itu kemudian bisa bernilai positif atau negatif bergantung dan tergantung dari sudut pandang yang melihatnya. Contoh kecil misalnya Duit alias uang atau fulus. Uang alias fulus ibarat pisau yang bisa untuk memotong ikan, dan sayur atau membunuh orang. Uang bisa menjadi mudarat atau manfaat tergantung bagaimana cara kita mengelolanya. Begitu juga halnya dengan kegiatan menyontek.

Menurut hemat saya menyontek tidak selamanya merupakan tindakan yang negatif tergantung bagaimana niatnya. Karena amal tergantung niat.

Tindakan menyontek bisa bernilai positif apabila dilakukan karena keterpaksaan, kepepet, darurat, untuk menyelamatkan diri karena kesempatan terakhir agar lulus ujian misalnya, untuk membahagiakan orang yang kita cintai misalnya, dan sebagainya dan sebagainya. Menyontek juga merupakan sebuah seni. Dengan menyontek kreatifitas kita akan terasah dan itu merupakan bagian dari seni! Bagaimana menurut Lena?

Tentang rudiasparudin

Saya masih belajar menjadi orang yang baik...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s